Sabtu, 23 Januari 2010

ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN

ALAT PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA

Pernapasan membawa oksigen masuk ke dalam tubuh. Pencernaan menghasilkan sari makanan. Oksigen dan sari maknan diedarkan ke seluruh bagian tubuh. Bagian tubuh berfungsi mengangkut dan mengedarkan oksigen dan sari makanan adalah darah. Peredaran atau aliran darah di dalam tubuh manusia terjadi melalui alat peredaran darah,yaitu jantung dan pembuluh darah.

1. Jantung
Organ tubuh yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh adalah jantung. Jantung manusia terletak di dalam rongga dada agak sebelah kiri. Ukuran jantung orang dewasa lebih kurang sekepalan tangan. Berat jantung orang dewasa lebih kurang 300 gram.
Jantung terdiri atas empat ruang, yaitu serambi kiri,serambi kanan, bilik kiri, dan bilik kanan. Sebagai alat pemompa darah, jantung mempunyai otot-otot yang kuat. Dinding jantung bagian bilik mempunyai otot yang lebih tebal daripada dinding jantung bagian serambi. Otot dinding jantung bagian bilik lebih tebal karena kerja bilik lebih berat, yaitu memompa darah ke seluruh tubuh.
Di antara serambi dan bilik terdapat semacam pintu turun yang disebut katup jantung. Katup jantung yang sehat dapat menutup rapt sekali sehingga darah dari bilik tidak bercampur dengan darah dari serambi. Katup-katup itu membuka dan menutup seirama dengan denyutan jantung.

2. Pembuluh Darah
Pembuluh darah adalah saluran yang berfungsi sebagai tempat mengalirnya darah dari seluruh tubuh menuju ke jantung atau sebaliknya. Berdasarkan arah aliran darah, pembuluh darah dibedakan menjadi dua macam, yaitu pembuluh nadi ( arteri ) dan pembuluh balik ( vena ).
Pembuluh nadi atau arteri ialah pembuluh yang mengalirkan darah yang keluar dari jantung. Pembuluh balik atau vena ialah pembuluh darah yang mengalirkan darah masuk ke dalam jantung.
Pembuluh nadi dan pembuluh balik bercabang-cabang. Ukuran cabang-cabang pembuluh itu semakin jauh dari jantung semakin kecil. Cabangpembuluh nadi dan cabang pembuluh balik yang terkecil dihubungkan oleh pembuluh kapiler. Pembuluh kapiler sangat halus dan berdinding tipis. Pembuluh kapiler inilah yang berhubungan langsung dengan sel-sel tubuh.



Tabel 1.1 Perbedaan nadi dengan Pembuluh Balik

No. Pembuluh nadi ( arteri )
Pembuluh balik ( Vena )

1. Tempatnya agak ke dalam ( tersembunyi ) Tempatnya dekat permukaan tubuh ( tampak kebiru-biruan )

2. Dinding pembuluh tebal, kuat,alsatis Dinding pembuluh tipis,tidak elastis

3. Aliran darah berasal dari jantung Aliran darah menuju ke jantung

4. Denyut terassa ( seirama denyut jantung ) Denyut tidak terasa
5. Katup hanya di satu tempat dekat jantung Katup terdapat di sepanjang pembuluh
6. Jika ada luka, darah memancar Jika terjadi luka, darah tidak memancar

7. Membawa darah bersih Membawa darah kotor

Pembuluh nadi yang terbesar disebut aorta. Pembuluh balik yang terbesar ada dua, yaitu pembuluh balik atas dan pembuluh balik bawah
3. Proses Peredaran Darah Manusia
Perdaran darah pada manusia disebut peredaran darah tertutup karena darah selalu beredar di dalam pembuluh darah. Peredaran darah ada dua jenis, yaitu peredaran darahkecil dan peredaran darah besar .peredaran darah kecil adalah peredaran darah dari jantung ke paru-paru dan kembali ke jantung. Peredaran darah besar adalah peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh ( kecuali paru-paru) dan kembali ke jantung.
Keadaan jantung saaat memompa darah ( kontraksi) adalah menguncup,sedangkan saat tidak memompa darah ( relaksasi ) adalah mengembang. Hal ini mengakibatkan darah mengalir keluar dan masuk jantung. Arah aliran darah yang keluar dan masuk jantung dapat kita pelajari dari gambar 1.26.




Cara kerja jantung seperti gambar 1.26 adalah sebagai berikut.
a. Jika kedua serambi jantung mengembang, maka darah dari pembuluh balik akan masuk ke serambi.
b. Jika kedua serambi menguncup dan bilik mengembang, maka darah dari serambi masuk ke bilik.
c. Jika kedua bilik menguncup, maka darah keluar dari bilik ( jantung ) menuju ke pembuluh aorta.
Jantung yang berkontraksi dan berelaksasi dalam satu periode menimbulkan denyut jantung dan juga dneyut nadi dapat kita rasakan pada bagian-bagian tubuh tertentu, seperti di pergelangan tangan dan dekat leher.
Denyut nadi dan denyut jantung setiap orang berbeda-beda tergantung pada kondisi setiap orang.
Jumlah denyut nadi dalam satu menit pada waktu tidak melakukan aktivitas fisik disebut frekuensi denyut nadi. Pada anak-anak, jumlah denyut nadi bekisar antara 90 sampai 100 denyut setiap menit. Pada orang dewasa, jumlah denyut nadi berkissar 70 sampai dengan 80 denyut setiap menit. Akan tetapi, jika seseorang banyak melakukan gerakan fisik, jantungnya dapat berdenyut sampai 3 kali lipat.
Jumlah denyut nadi juga menggambarkan jumlah denyut jantung. Para dokter memeriksa denyut jantung secara mendetail menggunakan alat yang disebut elektrokardiograf. Denyut jantung seseorang dihubungkan dengan alat tersebut dan hasilnya akan tergambar dalam bentuk grafik. Grafik hasil pencatatan denyut jantung dengan menggunakan alat elektrokardiograf dinamakan elektrokardiogram.
Agar kita dadpat mengetahui denyut nadi dan denyut jantung, dapat kita lakukan kegiatan berikut









Cara Kerja

1. Sediakan stop watch atau jam tangan.
Duduklah dengan tenang. Rabalah pembuluh nadi yang terdapat pada pergelangan tangan kiri dengan jari telunjuk,jari tengah, dan jari manis tangan kanan. Tekanlah ketiga jari tersebut sampai kamu merasakan denyut nadi. Hitunglah denyutan nadi selama satu menit, kemudian catatlah.

2. Kemudian,lakukan gerakan fisik, misalnya lari di tempat selama satu menit.
Hitunglah kembali denyut nadimu selama satu menit, kemudian catatlah.


4. Penyakit yang menyerang Darah dan Alat Peredaran Darah

Darah dan alat peredaran darah dapat terserang berbagai penyakit seperti berikut ini :
1. Anemia ( Kekurangan darah )
Penyebab penyakit ini antara lain sebagai berikut :
i. Pendarahan akibat kecelakaan atau luka di bagian dalam atau luar tubuh.
ii. Kekurangan produksi sel darah merah akibat tubuh kekurangan zat besi.
iii. Berbagai akibat dari penyakit lain,seperti kanker tulang dan berbagai infeksi.
Gejala yang mudah dikenali adalah tubuh merasa lemah dan cepatlelah. Kadang anggota tubuh mengalami kesemutan dan jantung berdebar-debar.






Anemia yang tidak parah dapat disembuhkan dengan makan makanan yang bergizi, yang banyak mengandung zat besi. Pada anemia yang parah harus dilakukan transfuse darah.





2. Leukemia
Penyakit ini terjadi karena produksi sel darah putih yang terlalu banyak. Akibatnya, keseimbangan komposisi darah terganggu.
Gejala yang sering menyertai antara lain rasa lelah, lemah dan kurang nafsu makan. Lama-kelamaan timbul nyeri di tulang dan terjadi pendarahan di kulit dan di bagian tubuh lain.
Penderita penyakit itu harus mendapat perawatan yang baik di rumah.

Salah satu gambar anak yang terkena leukemia








3. Hipertensi ( tekanan darah tinggi )
Penyakit ini ditunjukkan dengan tingginya tekanan darah bila diukur dengan alat pengukur tekanan darah ( tensimeter). Penyakit jantung,Pembuluh darah otak, dan ginjal.
Gejala yang timbul antara lain sebagai berikut :
a. Terasa nyeri di kepala.
b. Jantung berdebar-debar.
c. Sesak napas saat melakukan pekerjaan berat.
d. Badan lemah dan kepala pusing.
Orang yang terkena penyakit ini tidak boleh mengkonsumsi garam. Selain itu, penderita perlu pergi ke dokter untuk mendapat pengobatan.
4. Penyakit jantung bawaan
Penyakit ini sudah diderita sejak bayi masih dalam kandungan. Penyakit in biasanya berupa kelainan pada katup jantung. Akibatnya, darah dari serambi kiri mengalir ke serambi kanan.
Gejalanya antara lain penderita sering menderita infeksi pada saluran pernapasan. Selain itu, pertumbuhan fisiknya terganggu, yaitu tubuhnya lebih kecil dari orang sehat. Penyakit ini biasanya diatasi dengan melakukan operasi.

5. Pembuluh nadi mengeras
Penyakit ini berupa dinding pembuluh nadi mengeras atau menebal. Hal-hal yang menyebabkan antara lain kelebihan zat kapur, lemak, kolesterol, dan gula dalam tubuh.
Penyakit ini dapat menyebabkan penyakit jantung, pendarahan otak
( stroke), dan nyeri di tungkai.
Untuk mencegah penyakit ini, kita harus mengurangi makanan berlemak tinggi, terutama dari hewan. Berat badan berlebih juga harus dikurangi dengan melakukan diet yang diawasi dokter.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar